Jumat, 14 Januari 2011

Berbagai jenis makanan untuk diet sehat

Penderita kegemukan seringkali salah dalam memilih makanan untuk diet sehat. Makanan yang dipilih seringkali masih mengandung karbohidrat dan kolestrol yang tinggi. Padahal makanan untuk diet sehat yang dianjurkan adalah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dan serat seperti pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu perlu Anda cermati kandungan jenis makanan untuk diet sehat Anda sehingga program diet yang akan Anda jalankan dapat berjalan secara maksimal. Anda dapat pula berkonsultasi dengan ahli gizi Anda mengenai jenis makanan untuk diet sehat apa yang boleh Anda konsumsi.
Berikut ini beberapa jenis makanan untuk diet sehat Anda.
1. Oatmeal
Oatmeal merupakan jenis makanan untuk diet sehat yang berasal dari kulit ari sereal yang mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jenis makanan untuk diet sehat ini mengandung serat larut yang mampu mengurangi kolestrol jahat penyebab serangan jantung dan stroke. Sajikan oatmeal bersama buah buahan segar sebagai pengganti sarapan pagi Anda. Niscaya dalam waktu satu bulan kadar kolestrol darah Anda akan turun dan berat badan Anda juga ikut turun.
2. Susu kedelai
Susu kedelai mempunyai kandungan gizi yang setara dengan susu sapi. Jenis makanan untuk diet sehat ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai mengandung protein yang jauh lebih tinggi, tetapi rendah karbohidrat dan lemak sehingga dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan Anda.
3. Jamur
Jamur seringkali dijadikan makanan favorit bagi vegetarian karena rasanya hampir sama dengan daging. Jamur cocok dikonsumsi bagi mereka yang menginginkan menurunkan berat badan. Jenis makanan untuk diet sehat ini mengandung sedikit kalori dan lemak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi jamur sama kenyangnya dengan mengkonsumsi daging sapi. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat membuat tumis jamur ataupun sup jamur sebagai salah satu menu diet sehat Anda.
4. Telur
Telur kaya akan protein. Tak heran jika telur banyak dikonsumsi atlet olahraga untuk membesarkan otot mereka. Jenis makanan untuk diet sehat ini juga dapat dikonsumsi Anda untuk menurunkan berat badan. Dalam suatu studi dikatakan bahwa orang yang mengkonsumsi telur untuk sarapan pagi cenderung membuat perut terasa penuh dan menurunkan berat badan dua kali lebih banyak daripada orang yang mengkonsumsi roti tawar, walaupun keduanya memiliki jumlah kalori yang sama.
5. Kentang
Sebenarnya kentang merupakan jenis makanan untuk diet sehat yang paling populer. Banyak orang memasukkan jenis makanan untuk diet sehat ini dalam daftar menu program diet mereka. Seperti kita ketahui bahwa kentang banyak mengandung vitamin A dan B, karbohidrat, serat, sodium, potasium, fosfor dan zat besi.
6. Pisang
Diantara berbagai macam buah, pisang banyak digemari orang sebagai daftar menu diet sehat. Gizi yang terkandung dalam jenis makanan untuk diet sehat ini sangat baik untuk menyediakan energi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya.  Jenis makanan untuk diet sehat ini juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu, kandungan vitamin C, B komplek, dan B6 yang terdapat pada pisang dapat mencukupi kebutuhan gizi seseorang.
7. Apel
Selain pisang, buah apel juga dapat dikonsumsi sebagai pendamping makanan untuk diet sehat. Dalam satu buah apel terkandung vitamin seperti vitamin A, B dan C serta berbagai macam mineral seperti zat besi, zinc potasium dan magnesium. Apel juga dapat mencegah rusaknya sel-sel saraf otak dan dapat meningkatkan daya ingat otak. Sebagai pendamping makanan untuk diet sehat, apel juga mengandung antioksidan dan bermanfaat menurunkan kadar kolestrol dalam darah.
Ketujuh jenis makanan untuk diet sehat diatas merupakan makanan sehat yang mudah Anda peroleh di sekitar Anda. Harganya pun terjangkau. Jadi tunggu apa lagi, segeralah atur makanan Anda mulai sekarang agar badan selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar