Minggu, 16 Januari 2011

Cara menyusun menu untuk menurunkan berat badan


Banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menyusun menu untuk menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya Anda dapat belajar cara menyusun menu untuk menurunkan berat badan melalui buku, majalah, internet maupun media yang lain. Andapun bebas menentukan jenis makanan kesukaan Anda ke dalam menu untuk menurunkan berat badan selama porsi dan kandungan kalorinya tidak melebihi dari nilai yang telah ditetapkan.
Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun menu untuk menurunkan berat badan, yaitu : 

1. Kebutuhan gizi Anda dalam sehari
Kebutuhan gizi setiap orang tentulah berbeda satu sama lain. Kebutuhan gizi setiap orang ditentukan oleh jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan dan juga aktivitas yang dilakukan. Jadi setiap orang pastilah berbeda dalam mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu kenali kebutuhan gizi Anda mulai dari sekarang. Berapa kalori per hari  kebutuhan untuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dengan begitu Anda dapat mengetahui kebutuhan gizi Anda dan memperkirakan banyaknya makanan yang perlu dikonsumsi per hari.. 

2. Kandungan gizi makanan yang akan dikonsumsi
Dalam menjalani program diet, Anda tidak diperkenankan untuk makan sembarangan. Setiap suapan yang Anda makan harus tertakar dengan pasti berapa kandungan kalorinya. Jangan sampai Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung jumlah kalori yang melebihi kebutuhan kalori Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk cadangan lemak. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kegemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar