Kamis, 13 Januari 2011

Tips memilih menu untuk turunkan berat badan dan aplikasinya


Memilih menu untuk turunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Anda harus menguasai betul kebutuhan kalori per hari dan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan menu diet Anda. Jika Anda salah dalam memilih menu untuk turunkan berat badan, hasil yang Anda harapkan sulit terwujud. Namun Anda jangan khawatir, sekarang sudah banyak konsultan ahli gizi yang siap memberikan panduan memilih menu untuk turunkan berat badan. Konsultan ahli gizi inilah yang akan memberikan resep kepada Anda berbagai menu untuk turunkan berat badan sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh Anda.

Sebelum Anda berkonsultasi dengan konsultan ahli gizi Anda, alangkah baiknya Anda menyimak beberapa tips memilih menu untuk turunkan berat badan dan aplikasinya.
1. Tentukan target berat badan dan waktu yang ingin Anda capai
Target berat badan yang ingin dicapai sangat menentukan jenis menu untuk turunkan berat badan Anda. Jika berat badan Anda sekarang 85 kg padahal tinggi badan Anda hanya 173 cm, maka agar berat badan Anda ideal menjadi 66 kg, Anda harus menurunkan berat badan sebesar 19 kg. Cukup banyak bukan lemak yang harus dibakar? Oleh karena itu konsultasikanlah terlebih dahulu dnegan konsultan ahli gizi Anda sebelum menyusun menu untuk turunkan berat badan.
Nah setelah Anda mengetahui jumlah target penurunan berat badan, langkah selanjutnya adalah menentukan lama waktu untuk menjalankan program diet Anda. Untuk menurunkan berat badan sekitar 19 kg, paling cepat Anda membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Itupun daftar menu untuk turunkan berat badan yang disajikan benar-benar ketat. Jenis makanan yang dipilih harus benar-benar rendah kalori dan lemak namun mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Selain itu Anda juga harus rajin berolahraga agar lemak yang terdapat dalam tubuh cepat terbakar.

2. Pilihlah jenis makanan yang alami yang mengandung kaya nutrisi : tinggi protein, namun rendah kalori dan lemak. Jangan lupa pula Anda perhatikan kandungan zat lain seperti vitamin, mineral, antioksidan dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan kentang rebus, telur rebus, ayam rebus dalam daftar menu untuk turunkan berat badan anda. Dengan begitu walaupun jumlah kalori yang masuk dalam tubuh Anda berkurang, namun kebutuhan gizi tubuh Anda tercukupi sehingga Anda justru akan bertambah sehat dengan berdiet.

3. Sebaiknya jenis makanan yang disajikan pada menu untuk turunkan berat badan Anda tidak digoreng. Memang makanan apapun kalau digoreng rasanya jauh lebih enak daripada direbus ataupun dibakar. Namun taukah Anda jika makanan yang digoreng cenderung kurang menyehatkan? Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak yang dipakai untuk menggoreng. Padahal minyak sebenarnya sumber lemak yang mengandung kolestrol. Selain itu juga minyak dapat merusak kandungan nilai gizi makanan. Lain halnya dengan direbus atau dibakar. Makanan tidak mudah rusak kandungan gizinya. Oleh karena itu menu untuk turunkan berat badan Anda sebaiknya benar-benar bebas dari minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar